Senin, 22 Desember 2008

KOMUNIKASI DATA

KOMUNIKASI DATA
Sistem Telekomunikasi

Adalah gabungan dari piranti keras dan piranti lunak yang mentransmisikan informasi (teks,data,grafiks,dan suara)dari suatu lokasi kelokasi lainnya.Sinyal Analog adalah gelombang berkelanjutan yang mentransmisiakn informasi dengan mengubah amlitudo dan frekuensi gelombang tersebut.Sinyal Digital adalah getaran diskrit yang datar atau naik dan menunjukan informasi dalam bentuk biner .Komponen-komponen utama dari system telekomunikasi adalah :

Piranti keras ,Semua jenis computer (contohnya ,PC,server,mainframe)dan memprosesor komunikasi seperti(modem ataau computer kecil yang dikhususkan untuk komunikasi saja).Media komunikasi media fisik dimana sinyal elektronik ditransmisikan ,termasuk media nirkabel (digunakan dengan satelit serta telepon seluler).Jaringan komunikasi Link antar computer dan peralatan komunikasi .Piranti Lunak Komunikasi ,piranti lunak yang mengendalikan system telekomunikasi serta layanan komunikasi data.Penyedia komunikasi data ,Utilitas pemerintah atau perusahaan swasta yang menyediakan layanan komunikasi data.Protokol komunikasi ,berbagai aturan untuk mentransmisikan informasi dilintas system.Aplikasi komunikasi ,pertukaran data elektronik (EDI)telekoferensi ,konferensi,video,e-mail ,facsimile,transfer dana elektronik dll.

Prosessor Komunikasi adalah piranti keras yang mendukung transmisi dan penerimaan data di lintas system telekomunikasi,peralatan ini meliputi modem ,multiplexer ,dan prosessor front-end.Modem adalah peralatan yang mengonversi bebagai sinyal dari analog kedigital dan sebaliknya.,konversi dari digital analog disebut modulasi,dan kebalikannya adalah demodulasi ,peralatan yang melakukan kedua proses ini adalah sebagai modem. Multiplexer adalah peralatan elektronik yang memungkinkan sebuah saluran komunikasi untuk membawa transmisi data secara bersamaan dari banyak sumber.Prosesor front-end adalah computer sekunder kecil yang diperuntukan hanya untuk komunikasi dan dan mengelola semua routing komunikasi dengan berbagai peralatan periferal.Saluran Komunikasi adalah jalur untuk mengomunikasikan data dari satu lokasi kelokasi lainnya.
Media Kabel Media Broadcast
1. Kabel Ganda ulir (twisted pair) 4. Satelit 7. Radio Seluler
2. Kabel koaksial 5. Gelombang Mikro 8. Infra Merah
3. Serat optic 6. Radio


Media kabel menggunakan sambungan atau kabel fisik untuk mentransmisikan data serta informasi,Kabel ganda ulir dan Kabel kloaksial dibuat dari tembaga ,dan kabel serat optic dibuat dari kaca.Kabel ganda ulir adalah bentuk komunikasi melalui kabel yang paling umum ,kabel ini digunakan untuk hamper semua kabel telepon.Kabel kloaksial adalah kabel tembaga yang diisolasi digunakan untuk membawa lalu lintas data berkecepatan tinggi dan sinyal televisi.Kabel Serat optic adalah ribuan filament serat kaca yang tipis ,dikelilingi oleh pelapis logam,yang mentransmisikan informasi melalui berkas cahaya yang dihasilkan oleh laser.Atenuasi adalah penguranagn kekuatan sinyal .ini terjadi pada sinyal analog dan digital serta merupakan masalah untuk serat optic.
Gelombang Mikro adalah saluran komunikasi yang menggunakan menara untuk mengirim sinyal nirkabel ,digunakan untuk komunikasi volume tinggi ,jarak jauh ,dan poin ke poin.,fakta bahwa gelombang mikro membutuhkan transmisi melalui jalur lurus sangat membatasi kegunaanya sebagai solusi kebutuhan komunikasi data berskala besar.Satelit komunikasin digunakan dalam transmisi satelit.
Transmisi satelit adalah saluran komunikasi yang menggunakan satelit yang mengorbit ,untuk mengirim transmisi digital dari poin ke poin.Penundaan Sirkulasi adalah penghentian sementara antara waktu pengiriman dengan penerimaan transmisi satelit.Global positioning system adalah system nirkabel yang menggunakan satelit untuk memungkinkan penggunaanyan menemukan posisi mereka dimana saja di bumi.
Transmisi radio adalah saluran komunikasi yang menggunakan frekuensi gelombang radio untuk mengirimdata secara langsung antara pengirim dengan penerima melalui jarak pendek.Radio satelit(radio digital)adalah suatu bentuk transmisi radio yang menawarkan sinyal musik yang tidak terganggu dan kualitasnya seperti CD yang dipancarkan keradio anda dari angkasa.
Teknologi radio seluler adalah penggunaan transmisi radio antar selul;er dengan berbagai area layanan geografis dan kantor penerus telepon mobile yang memungkinkan layanan telepon nirkabel.
Teknologi layanan komunikasi personal adalah teknologi komunikasi nirkabel yang menggunakan gelombang radio,berdaya rendah,dan berfrekuensi lebih tinggi dari pada teknologi radio seluler hingga membuat peralatan PCS lebih efektif digunakan di berbagai tempat yang tidak dapat dicapai peralatan seluler.


Aplikasi nirkabel yang berkembang ,sejumlah aplikasi nirkabel sedang berkembang termasuk diantaranya adalah fixed wireless (disebut juga broadband wireless) ultrawideband wireless .

Infra merah adalah cahaya merah yang umumnya tidak dapat dilihat oleh mata manusia,dapat dimodulasi atau dibentuk menjadi sinyal untuk menyampaikan informasi,transceiver infra merah digunakan untuk koneksi jarak pendek antara computer dengan perlengkapan periferal atau antara computer dengan local area network,aplikasi paling umum cahaya infra merah adalah dalam unit pengendali jarak jauh (remote control) TV tau VCR.

Kecepatan Transmisi
Bandwith adalah kisaran frekuensi yang tersedia dalam saluran komunikasi dan yang dinyatakan dalam bit per detik ,secara umum makin besar bandwith makinbesar kapasitas salurannya .
Kecepatan dari berbagai saluran komunikasi tertentu adalah sebagai berikut:

Kecepatan ganda ulir hingga 100 Mbps (jutaan bit per detik)
Gelombang micro hingga 200 Mbps
Satelit hingga 200 Mbps
Kabel koaksial hingga 200 Mbps
Kabel serat optic hingga 6 Tbps (triliun bit per detik)

Layanan Jaringan
Jaringan computer adalah system yang menghubungkan media komunikasi ,piranti keras ,dan piranti lunak yang dibutuhkan oleh dua atau lebih system computer dan peralatan.
Saluran Switched adalah saluran telepon tempat transmisi datya dapat diteruskan atau digantikan ketujuannya,Switch adalah sirkuit khusus yang meneruskan pesan disepanjang jalur tertentu dalam sebuah system telekomunikasi.Saluran terdedikasi adalah saluran telepon yang menyediakan koneksi konstan anatara dua peralatan dan tidak membutuhkan switch atau dial.
Integrated services digital network adalah teknologi yang berkecepatan tinggi yang memungkinkan pengguna mentransfer suara ,video,gambar,dan data secara bersamaan melalui saluran telepon yang telah ada.
Digital subscriber line adalah teknologi transmisi data digital berkecepatan tinggi yang menggunakan saluran telepon analog yang sudah ada.
Modem kabel adalah modem yang beroperasi melalui kabel koaksial dan menawarkan akses yang berkecepatan tinggi ke internet atau intranet perusahaan .
Packet switching adalah teknologi transmisi data yang memecah berbagai blog teks menjadi bundle data kecil dan tetap(paket)yang dikirim secara terpisah melalui jaringan.
Frame relay adalah versi packet switching yang lebih cepat dan murah ,frame relay adalah layanan jaringan bersama yang memaketkan data dalam bentuk frame yang hamper sama dengan paket .frame relay biasanya dapat berkomunikasi dengan kecepatan transmisi 1544 Mbps.
Fiber distributed data interface adalah standar transmisi data yang didasarkan pada kecepatan dan kapasitas tinggi serat optic.
Asynchronous transfer mode adalah teknologi transmisi data yang menggunakan packet switching dan memungkinkan permintaan bandwith yang hamper tidak terbatas,
Teknologi swiched –hub adalah teknologi transmisi data yang memperkuat beberapa local area network dengan menambahkan kemampuan packet switching seperti ATM.
Synchronous optical network adalah standar antar muka untuk mengirim sinyal digital melalui saluran serta optic memungkinkan integrasi transmisi dari beberapa vendor.
Sistem T-carrier adalah system transmisi digital yang menentukan berbagai sirkuit yang beroperasi diberbagai tingkat yang berbeda yang kesemuannya adalah kelipatan dari dasar 64 Kbps yang digunakan untuk mengirim sebuah panggilan suara.

Protokol Jaringan
Protokol adalah serangkaian aturan dan prosedur yang mengatur transmisi melintasi jaringan,fungsi utama dari protocol dalam sebuah jaringan adalah akses saluran dan pencegahan tabrakan.akses saluran berkaitan dengan bagaimana peralatan yang melakukan pengiriman mendapat akses kejaringan untuk mengirim pesan.pencegahan tabrakan berkaitan dengan mengelola transmisi pesan hingga dua pesan tidak akan bertabrakan satu sama lain dijaringan.
Ethernet adalah protocol jaringan yang paling umum ,sedangkan protocol yang paling umum dalam perusahaan adalah Ethernet gigabit.
TCP/IP adalah adalah protocol transfer file yang dapat mengirimkan file informasi berukuran besar melintasi jaringan yang kadang kurang andal dengan jaminan bahwa data tersebut akan masuk dalam bentuk tidak rusak.


Strategi pemrosesan Jaringan
Pemrosesan terdistribusi adalah arsitektur jaringan yang membagi pekerjaan pemrosesan antara dua atau lebih computer yang dihubungkan dalam sebuah jaringan.
Komputasi klien/server adalah bentuk dari pemrosesan terdistribusi dimana beberapa mesin(server)melakukan berbagai fungsi komputasi untuk PC pengguna akhir (klien).
Pemrosesan rekan ke rekan adalah jenis pemrosesan terdistribusi klien/server yang memungkinkan dua atau lebih computer menggabungkan sumber dayanya hingga membuat masing-masing computer menjadi klien dan server.

Jenis-jenis jaringan computer
Local Area Network adalah jaringan yang menghubungkan berbagai peralatan komunikasi dalam area geografis terbatas(contohnya satu gedung)hingga tiap peralatan pengguna dijaringan dapat berkomunikasi dengan masing-masing peralatan lainnya. Topologi adalah tata letak fisik dan konektivitas jaringan.Server file adalah tempat penyimpanan berbagai piranti lunak dan file data untuk jaringan ,yang menentukan siapa yang mendapat akses serta dalam urutan bagaimana.Kartu antar muka jaringan adalah piranti keras yang menspesifikan tingkat tranmisi data ,ukuran unit pesan,informasi terkait yang dilampirkan ketiap pesan serta topologi jaringan.Gateway adalah prosesor komunikasi yang menghubungkan berbagai jaringan yang berbeda dengan menerjemahkan suatu protocol satu ke protocol lainnya.Bridge adalah prosesor komunikasi yang menghubungkan dua jaringan yang berbeda jenisnya.Router adalah prosesor komunikasi yang meneruskan pesan melalui beberapa LAN atau wide area network.
Teknologi wireless local area network(WLAN) adalah teknologi (contohnya ,bloutooth dan Wi-Fi)yang menyediaka koneksi LAN melalui jarak pendek yang biasanya dibatasi kurang dari 150 meter.Bluetooth adalah teknologi nirkabel yang memungkinkan koneksi sementara berjarak pendek antar berbagai peralatan nirkabel dan memungkinkan peralatan ini berkomunikasi satu sama lain melalui frekuensi radio berdaya rendah.Wi-Fi adalah teknologi nirkabel yang dapat mentransmisikan informasi dalam jarak hingga 300 kaki ,nama lain untuk standar 802.11b yang merupakan standar dimana kebanyakan WLAN beroperasi. Private branch exchange (PBX) adalah sejenis LAN yang menendalikan pergantian telepon disebuah lokasi perusahaan. Wide area network adalah jaringan yang biasanya disediakan oleh penyedia telekomunikasi umum dan meliputi area geografis luas.Value-added network (VAN) adalah jaringan privat yang hanya untuk data yang dikelola oleh pihak ketiga eksternal dan digunakan oleh beberapa perusahaan agar mendapat sisi ekonomis dalam biaya layanan jaringan serta manajemen jaringan.Virtual private network adalah WAN yang dioperasikan oleh penyedia layanan biasa menyediakan gerbang antara LAN perusahaan dengan internet.Jaringan perusahaan adalah beberapa LAN dan WAN saling dikoneksikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar