Senin, 22 Desember 2008

HARDWARE


HARDWARE

Hardware atau disebut juga dengan perangkat keras yaitu paralatan yang secara fisik terlihat dan bisa di jamah.piranti keras berfokus pada tiga factor yang saling berhubungan yaitu kemampuan (kekuatan dan kesesuaian untuk pekerjaan terkait) kecepatan dan biaya.tinggi tingkat inovasi dalam industri computer makin memperumit keputusan mengenai piranti keras .
Hardware Computer
Dasar peralatan hardware dalam sebuah system computer dapat mempunyai fungsi sebagai berikut:
1. Pemasukan atau Input kedalam computer
2. Output dari computer
3. Alat penyimpan kedua (Secondary Storage)
4. Komputasi,control dan alat penyimpanan pertama (primary storage)atau Central Processing Unit (CPU)
5. Data Komunikasi
6. Data Pengolahan

Peralatan yang dihubungkan langsung dengaqn computer (penghubung kabel atau
Jaringan komunikasi)dinamakan terminal “on line”,sedangkan peralatan yang tidak dihubungkan langsung dengan computer dinamakan terminal “off line”.

Data untuk proses computer didapat dari 4 kemungkinan yaitu:
1. On line langsung masuk kesebuah terminal
2. Mengubah data dari transaksi,dirubah dari bentuk mesin pembaca menjadi tulisan input dan proses
3. Data yang ada didalam mesin pembaca yang berbentuk dokumen
4. Sebelum data diproses didalam secondary storage

Data yag dimasukkan secara langsung dengan segera diproses,biasanya memerlukan sebuah
Key-board untuk memasukannya dan sebuah terminal untuk membuat tampilan (VDT=Visual Display Terminal)untuk melihat data.Pada beberapa system yang lama masih menggunakan punched card dalam pengolahan data.Adalah sebuah jenis yang khusus dari dari input devices yang dapat membaca dokumen data oleh mesin pembaca data.Beberapa devices seperti optical character readers (OCR).magnetic ink character readers(MICR)dan point sale scanner.

Cara CPU Bekerja
Dalam CPU,input masuk dan disimpan sampai dibutuhkan,ketika dibutuhkan input ditarik serta diproses,dan output akan akan disimpan serta kemudian dikirimkan ketempat lain.
Input adalah data dan peritah singkat mengenai apa yang harus dilakukan dengan data.perintah ini bersal dari piranti lunak di berbagai bagian lain computer,data dapat dimasukan oleh pengguna melalui keyboard,missal;membaca dari sebuah file data di bagian lain computer.input disimpan di register sampai dikirimkan ketahap berikutnya dalam pemrosesan.
Data yag dimasukkan secara langsung dengan segera diproses,biasanya memerlukan sebuah
Key-board untuk memasukannya dan sebuah terminal untuk membuat tampilan (VDT=Visual Display Terminal)untuk melihat data.Pada beberapa system yang lama masih menggunakan punched card dalam pengolahan data.Adalah sebuah jenis yang khusus dari dari input devices yang dapat membaca dokumen data oleh mesin pembaca data.Beberapa devices seperti optical character readers (OCR).magnetic ink character readers(MICR)dan point sale scanner.

Berbagai peralatan input
Peralatan entri oleh manusia:Keyboard,Mouse,Mouse optis,Trackball,Papan sentuh,Joystick,Layar sentuh,Stylus,Pengenal Suara.
Peralatan Input Otomatisasi sumber data :ATM,Terminal Point of-sale,Pemindai Barcode,Pembaca tanda optis,Pembaca karakter tinta magnetis,Pengenal karakter optis,Sensor,Kamera,Tampilan Pemindai Retin.

Berbagai Peralatan output
Monitor:Tabung sinar katoda,Liquid crystal display(LCD),Penghasil sinar organic,Tampilan pemindai retina.
Printer:Impact,Laser non impact,Injekt,Plotter
Output suara


Komputer merupakan CPU pada sebuah system computer.CPU yang khusus terdiri dari,Control Unit,Aritmetic Unit dan Logikal Unit dan Primary Storage. Aritmetic dan Logical Uniot (ALU) terdiri dari komponen sirkuit elektronik yang disebut “register”,dimana logika dari proses data dan intruksi yang dibentuk.Pada umumnya media kedua primary storage adalah magnetic disk ,magnetic disket dan magnetic tape (reel dan kaset )Teknologi Storage dengan kapasitas storagenya mengalami perubaha yang cepat;pada setiap storage yang berukuran sedang yang diperbesar dan jumlah rekaman perkarakter berkurang.Pada umumnya sebuah disket pada tipe yang digunakan dengan computer-komputer kecil atau proses kata akan direkam dalam beberapa ratus ribu karakter atau lebih dari beberapa ratus ribu karakter dan beberapa karakter ,disket yang lebih bsar ,kaku dan tidak dapat dipindah-pindahkan (biasanya disebut hard disk,rrgrd disk atau wincher disk),pada computer yang kecil dapat merekam dalam sepuluh juta karakter .Magnetic tape storage merubah kapasitas yang tergantung daeri sebuah factor nomor, tetapi sebuah tape yang khusus dapat merekam dari beberapa juta ketas sampai puluhan juta karakter data.Berbagai perbandingan sebuah buku teks terdiri dari dua sampai tiga juta karakter.


PENYIMPANAN SEKUNDER

JENIS KEUNTUNGAN KELEMAHAN APLIKASI
Alat penyimpana magnetis

Pita magnetis biaya per unit yang Akses berurutan,artinya Penyimpanan data
disimpan lebih murah kecepatan penarikan perusahaan
(retrival)rendah

Hard drive Kapasitas yang relative Mudah rusak;biaya PC hingga mainframe
Tinggi dan kecepatan per unit yang disimpan
Penarikan yang tinggi tinggi

RAID Berkapasitas besar;didesain Mahal,instalasi Penyimpanan data
Untuk menoleransi kegagalan semipermanen perusahaan yg memb
Kehilangan data;biya per unit rendah utuhkan akses sering dan cepat

SAN Berkapasitas tinggi didesain Mahal Penyimpanan data
Untuk data perusahaan perusahaan yang
Berjumlah besar membutuhkan akses sering dan cepat

NAS Berkapasitas tinggi;didesain Mahal Penyimpanan data pe
untuk data perusahaan rusahaan yang mem
berjumlah besar butuhkan akses sering dan cepat

Disket magnetis Biya yang murah per disket Berkapasitas rendah,biaya PC
Mudah dibawa per unit sangat tinggi,
Mudah rusak

Kartu memory Mudah dibawa,mudah digunakan Mahal PC dan Laptop
Tidak mudah rusak dibandingkan
Dengan Hard drive

Memory Stick Sangat mudah dibawa dan digunakan Relatif mahal Peralatan elektronik
Sehari-hari ,memindahkan file dari berbagai paralatan yang mudah di bawa ke PC


Penyimpanan Muadah dibawa berkapasitas tinggi Lebih mahal dari pada Cadangan Hard drive
Tambahan Hard drive internal

Peralatan penyimpanan optis

CD-ROM Berkapasitas tinggi,biaya per unit Kecepatan penarikan lebih PC hingga penyim
Yang disimpan sedang,tahan lama lambat dari pada hard drive panan data perusa
Hanya jenis tertentu yang haan
Dapat ditulis kembali

DVD Berkapasitas tinggi,biaya per unit Kecepatan penarikan lebih PC hingga penyim
Yang disimpan sedang lambat dari pada hard drive pana data perusa
Haan

FMD-ROM Berkapasitas sangat tinggi, Penarikan yang lebih cepat PC hingga penyim
Biaya per unit yang disimpan dari pada DVD atau CD-ROM panan data perusa
Sedang kecepatan penarikan lebih la haan
Mban dari hard drive

KELAS DARI SISTEM KOMPUTER

Jenis system computer dalam batas-batas ukuran dan kekuatanya computer terbagi 5 kelas:
1. Super Computer
2. Large Scale Computer
3. Medium Scale Computer
4. Mini Computer
5. Micro Computer

Desain Microprosesor bertujuan untuk meningkatkan kecepatan pemrosesan dengan meminimalkan jarak fisik yang harus dijalani data(sebagai impuls elektrik),dan melalui peningkatan lebar bus,kecepatan jam panjang kata,serta jumlah transistor dalam chip.
Terdapat empat jenis penyimpanan primer :register,random,acces memory(RAM),memori cache,dan read-only memory (ROM).Semuanya adalah memory dengan akses langsung ;hanya ROM yang stabil.Penyimpanan sekunder meliputi media magnetis (pita,hard drive,dan disket)serta media optis (CD-ROM,DVD,FMD-ROM,dan Jukebox optis).

EVOLUSI PIRANTI KERAS KOMPUTER

Komputer telah berevolusi Dari mesin generasi pertama (dengan menggunakan tabung kedap udara) dari tahun 1946hingga sekitar 1956,tabung kedap udara menggunakan banyak sekali listrik,menghasilkan banyak sekali panas,dan sangat pendek umurnya.oleh karena itu ,computer generasi pertama memiliki memori dan kemampuan pemrosesan yang terbatas.
generasi kedua(TRANSISTOR),dari tahun 1957 hingga 1963,menggunakan transistor untuk menyimpan dan memproses informasi.Transistor menggunakan lebih sedikit listrik dari pada tabung kedap udara,menghasilkan lebih sedikit panas,dan lebih murah lebih stabil,serta lebih andal.Komputer generasi kedua,dengan peningkatan kemampuan pemrosesan dan penyimpanannya,mulai digunakan lebih luas untuk berbagai tujuan keilmuan dan bisnis.
generasi ketiga (sirkuit terintegrasi),dari tahun 1964 hingga 1979,menggunakan sirkuit terintegrasi untuk menyimpan dan memproses informasi,Sirkuit terintegrasi dibuat dengan mencetak berbagai transistor kecil secara langsung di chip silicon.Peralatan ini disebut sebagai semikonduktor ,Komputer generasi ketiga memperkenalkan piranti lunak yang dapat digunakan oleh orang-orang nonteknik,hingga memperbesar peran computer dalam bisnis.
generasi awal hingga pertengahan keempat dari tahun 1980 hingga 1995, menggunakan sirkuit terintegrasi berskala sangat besar (very-large-scale integrated circuit-VLSI) untuk menyimpan dan memproses informasi.Teknik VLSI memungkinkan instalasi ratusan ribu sirkuit (transistor dan berbagai komponen lainnya)ke dalam chip yang kecil.
Komputer generasi terbaru keempat ,dari tahun 1996 hingga sekarang,menggunakan sirkuit-grand-scale integrated (GSI) untuk menyimpan dan memproses informasi.Dengan GSI,satu miliar transistor dapat dimasukkan kedalam chip .

HIERARKI KOMPUTER
Superkomputer adalah computer yang paling canggih,dan di desain,untuk menangani kebutuhan komputasional maksimum dalam keilmuan serta militer.Daripada hanya untuk pemrosesan dan aplikasi bisnis-keahlian dari mainframe dan berbagai platform multi pemrosesan lainnya- supercomputer biasanya menjalankan aplikasi militer serta keilmuan,walaupun penggunaanya untuk aplikasi komersial,seperti penggalian data,telah makin meningkat.Superkomputer umumnya beroperasi empat hingga sepuluh kali lebih cepat dari pada kelas computer tercepat berikutnya,Mainframe. Super Computer dirancang untuk aplikasi memerlukan kecepatan yang sangat tinggi dan primary storage yang besar.Komputer dalam skala besar mempunyai kapasitas primary storage sangat besar pula,CPU yang sangat kuat dan mengoperasikan system yang luar biasa.
Micro computer (disebut juga sebagai micro,personal computer atau PC) adalah kategori computer dengan kegunaan umum yang paling kecil dan paling murah.komputer ini dapat dibagi menjadi empat berdasarkan pada ukuranya,desktop,thin client,notebook,dan laptop,seta peralatan mobile.
Mini computer biasanya sangat kecil dan relative tidak mahal.masing-masing mini computer ini dapat memberi proses pada saluran dari beberapa lokasi yang berjauhan.Mini computer sanagt kecil dan khusus mengoperasikan system yang sederhana dan primary storage yang kecil,satu input (gambar display terminal),satu output unit dan batas secondary storage melewati disket atau tape.Komputer jaringan memiliki lebih sedikit daya komputasi serta penyimpanan,serta tergantung pada koneksi kesuatu jaringan untuk sumber daya komunikasi,data,pemrosesan dan sumber daya penyimpanan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar